7 Hal Yang Dapat Dilakukan Di Kala Menganggur

|

Menganggur dapat dikatakan sebagai kondisi dimana seseorang tidak sedang mendapat pekerjaan secara tetap ataupun tidak sedang melakukan bisnis apapun dalam jangka waktu tertentu tanpa batas.

Dalam kondisi tersebut (menganggur), seseorang masih bisa (dapat) melakukan hal-hal produktif lain untuk memanfaatkan semua waktu luang secara maksimal dan efisien di saat menganggur. Berikut ini ialah di antaranya :

7 Hal Yang Dapat Dilakukan Di Kala Menganggur

Mendapatkan uang jajan 'ekstra'

Di kala menganggur, Anda dapat menambah uang jajan ekstra dengan berbagai macam cara. Sebagai contoh, di saat orang tua, om, kakek ataupun saudara yang mempunyai penghasilan tetap, di kala mereka mendapat penghasilan baik dari gaji, pensiun ataupun bisnis mintalah mereka sedikit bagi-bagi rezeki sekedar untuk membeli buku, perlengkapan untuk melamar pekerjaan atau bantulah bisnis mereka dengan sedikit imbalan walaupun hanya di waktu tertentu saja bisnis tersebut membutuhkan tenaga Anda. Anda dapat mencoba berbagai macam kemungkinan dari cara tersebut atau cara lain yang Anda punyai. Dari hasil uang tambahan tersebut manfaatkanlah sebaik mungkin untuk sesuatu yang bermanfaat baik itu untuk melamar pekerjaan, menambah kemampuan diri ataupun berwirausaha atau berbisnis.

Melamar/mendapat pekerjaan

Hal bermanfaat lainnya yang dapat Anda lakukan adalah melamar pekerjaan disamping mencoba berbisnis yang hasilnya bisa menambah modal Anda untuk mencoba berbisnis maupun usaha sampingan lainnya. Cobalah untuk membenahi surat lamaran dan CV (Curriculum Vitae) atau riwayat hidup menjadi lebih efektif, efisien dan atraktif. Anda juga dapat mempelajari teknik-teknik menghadapi psikotes dan wawancara karena Anda juga bersaing dengan banyak kandidat untuk posisi yang Anda inginkan. Hal ini dapat menambah kemampuan komunikasi Anda, pengalaman menghadapi berbagai macam karakter manusia juga kemampuan manajerial Anda yang barangkali bermanfaat bagi Anda nantinya yang berminat untuk memulai bisnis/usaha.

Meningkatkan keterampilan (skill)

Cobalah untuk meningkatkan keterampilan Anda terutama yang banyak berhubungan dengan bakat atau program pendidikan yang Anda tekuni tanpa mengesampingkan keterampilan-keterampilan lainnya yang bisa Anda kembangkan dan kuasai. Akan sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan Anda nantinya atau dalam mengembangkan bisnis yang barangkali bisa Anda tekuni.

Meningkatkan kemampuan fisik

Kemampuan fisik akan berguna bagi Anda nantinya pada saat menghadapi pekerjaan berat atau bisnis yang menuntut kemampuan fisik prima. Latihlah tubuh Anda sehingga kemampuan fisik Anda bertambah kuat dan sehat.

Meningkatkan kemampuan kecerdasan emosional

Kecerdasan emosi berkaitan dengan perasaan, sikap dan kepribadian seseorang sehingga ia mampu membina hubungan dengan orang lain. Keuntungannya adalah jika Anda mampu mengembangkan kecerdasan emosi Anda, maka Anda dapat memiliki banyak relasi. Dari banyak relasi ini akan ada banyak kemungkinan dari banyak relasi tersebut menawari bisnis atau pekerjaan kepada Anda sehingga terdapat banyak manfaatnya.

Meningkatkan kemapuan kecerdasan spiritual

Kecerdasan spiritual diperlukan untuk menemukan kebahagiaan dan makna kehidupan. Kecerdasan spiritual bukan sekedar dilihat dari rajinnya beribadah. Kecerdasan spiritual dapat diukur dari kemampuan seseorang memaknai kehidupan. Dengan kata lain, dalam kondisi apa pun ia tetap bahagia karena ia percaya bahwa Tuhan berada dekat di sisinya. Kebahagiaan dipahami sebagai cara Tuhan untuk menguji keimanan.

Seseorang yang cerdas secara spiritual tidak perlu resah dalam bekerja, mencari pekerjaan maupun berbisnis. Ia sangat yakin bahwa Tuhan akan mencukupi rezekinya bagaimanapun kondisinya. Dasar bekerja, mencari kerja atau berbisnis bukanlah untuk mencari uang melainkan sebagai bentuk rasa syukur atas ilmu dan keterampilan yang diberikan. Ia yakin bahwa rizki bukan bergantung dari perusahaan ataupun pelanggan melainkan dari Tuhan.

Berbisnis / Wirausaha

Anda dapat memulai bisnis/wirausaha di kala menganggur. Anda dapat memulai bisnis dengan bisnis yang mudah dengan modal ringan yang sesuai dengan minat/bakat Anda. Barangkali Anda dapat memulai dengan bisnis jual-beli pulsa elektronik kepada teman, saudara atau siapa saja yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki tabungan baik itu di masa pendidikan, beasiswa, keluarga ataupun sisa penghasilan dari pekerjaan sebelumnya, maka itu dapat menjadi modal bagi Anda. Apabila Anda memiliki banyak relasi baik itu teman, kerabat ataupun tetangga, Anda juga dapat memaksimalkan hal tersebut sebagai modal. Anda bisa membantu bisnis relasi Anda sedikit demi sedikit, kemudian Anda dapat mengembangkannya dengan menawarkan kepada relasi Anda untuk mengembangkan bisnisnya melalui Anda dengan sistem bagi hasil yang saling menguntungkan.

Apabila Anda tidak mempunyai semua modal di atas, maka diri Anda adalah modal utama Anda. Kembangkan semua kemampuan, potensi dan bakat Anda sehingga banyak membawa manfaat untuk diri Anda maupun orang lain. Bekerja keras-lah di bumi Tuhan yang luas ini dan serahkan semua hasilnya kepada Tuhan. Hasil baik atau buruk merupakan ketetapan Tuhan sebagai manusia mengimani Qodo' dan Qodar. Anda bisa memulai bloging misalnya bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis dan internet sehingga Anda bisa menambah pemasukan dengan menjadi penayang iklan internet atau hal lain yang dapat Anda kembangkan.

Kesempatan Karir

Perusahaan di bidang industri manufaktur atap baja ringan dan galvalum sedang membutuhkan tenaga untuk posisi berikut :

SALES/MARKETING [MKT-JGY]

  1. Pria/Wanita Maks 40 Tahun.
  2. Pendidikan SMA/SMK sederajat atau D3.
  3. Berpengalaman sebagai Sales/Marketing Building Material atau Proyek.
  4. Domisili Klaten, Magelang, Purworejo - Jawa Tengah.

DRIVER [DRV-JGY]

  1. Pria Maks 45 Tahun.
  2. Pendidikan SMA/SMK sederajat.
  3. Memiliki SIM B1.
  4. Domisili Yogyakarta & sekitarnya.
Bagi yang berminat dapat mengirim lamaran dan CV ke alamat email : afrianto.an@gmail.com, sertakan [kode-posisi] di Judul/Subject email.