Bulan Ramadhan Yang Agung

|

Bulan Ramadhan hanya datang satu kali dalam satu tahun, namun kehadirannya sangat dirindukan semua makhluk. Di dalamnya terdapat banyak keistimewaan dan barokah tanpa batas di dalamnya. Bulan dimana amal baik dilipat-gandakan nilainya dan dihapuskan semua nilai amal buruk. Bulan dimana semua setan dikurung. Bulan penuh ketenangan alam semesta.

Bulan Ramadhan Yang Agung

Semua puja dan puji hanya bagi Allah SWT serta shalawat dan salam selalu tercurah bagi Rasulullah Muhammad SAW. Allah SWT berfirman :

Bulan Ramadhan yang pada masanya Al-Quran diturunkan sebagai penunjuk bagi manusia dengan ayat-ayatnya yang jelas dan dengan apa yang terkandung dalamnya dari banyak hikmah dan hukum-hukum untuk menuntun manusia kepada jalan yang hak dan benar dan menjauhkannya dari jalan yang bathil

Al-Baqarah:185

Hendaknya kita bergembira akan datangnya bulan Ramadhan sebagaimana sabda Nabi SAW :

Bersabda Rasulullah SAW : "Barangsiapa bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan diharamkan oleh Allah api neraka menyentuh jasadnya"

Pada bulan Ramadhan yang suci amal buruk kita dihapus oleh Allah SWT juga amal baik kita dilipat-gandakan sebagaimana Hadist Rasulullah SAW :

Bersabda Rasulullah SAW : "Berfirman Allah SWT pada malam pertama bulan Ramadhan : Barangsiapa mencintai Aku, Aku mencintainya, barangsiapa meminta padaKu, Aku memberinya dan barangsiapa meminta ampun padaKu, Aku akan mengampuninya untuk kehormatan bulan Ramadhan, maka diperintahkan oleh Allah SWT kepada para malaikat pencatat agar mencatat amal kebajikan mereka dan tidak mencatat kebalikannya dan oleh Allah diampunilah dosa-dosa mereka yang lalu"

Bulan Ramadhan hanya datang satu kali dalam setahun, merupakan bulan terbaik yang berlangsung singkat dalam setahun penuh sebagaimana sabda Nabi SAW :

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda : "Bila umatku mengetahui apa yang terkandung dalam bulan Ramadhan tentu mereka mengharapkan Ramadhan berlangsung setahun penuh"